Wednesday, March 30, 2016

Craft Material Hunting (Part.1) - Pasar Pagi Mangga Dua


Pasar Pagi Mangga Dua (Source: http://www.pasarpagimanggadua.com/)
Lagi menggeluti hobi baru.
Setelah si mesin jahit datang jadi kepikiran bikin yang ala-ala handmade gitu, ada sih yang udah jadi seperti gorden, tote bag buat bekal suami, dan placemat biar makannya agak-agak berkesan manis gitu (diceritain next post ya..) Nah, setelah drama jahit-menjahit jadi kepikiran yang ala-ala lagi, kepingin bikin aksesoris entah itu bros,hiasan rambut, atau yang lain. Gara-garanya sih nonton NHK pas episode Mark of Beauty - Kanzashi, jadi kepingin bikin dan pilihannya jatuh yang dari kain/pita itu. So, berangkatlah diriku cari-cari bahan.
Tempat pertama masih di lingkar Depok di Pasar PAL, nama tokonya lupa tapi toko ini menjual berbagai alat dan bahan jahit menjahit. Letaknya di pintu yang sebelah kiri (dilihat dari Jl.Raya Bogor) jalan saja sekitar 30an meter, tokonya ada di seberang bangunan pasar agak terhalang penjual buah. Karena bukan toko khusus material craft jadi ya nggak bisa berharap banyak, yang dipingini masih kurang.
Besoknya,,,,,
Diriku seorang (nggak pake teman) berangkat ke Pasar Pagi Mangga Dua, setelah naik KRL turun di Stasiun Jakarta Kota dilanjutkan dengan naik angkot (apapun nomornya pokoknya arah ITC Mangga Dua) sampailah di Pasar Pagi jam 08.10 yang ternyata masih tutup. Kirain namanya Pasar Pagi bukanya juga pagi buta seperti pasar tradisional ternyata BIG NO, nunggulah selama 1 jam untuk buka pintu dan 1 jam lagi untuk buka toko ( note: kalo mau kesini kisaran jam 10 keatas). Oh iya, cara lain ke Pasar Pagi Mangga Dua dengan KRL adalah turun Stasiun Jayakarta, lebih dekat dan bisa cuma dengan jalan kaki.
rute ke pasar pagi mangga dua

Tujuan utama ke Pasar Pagi adalah lantai 3, dimana di lantai ini terdapat banyak sekali toko yang menjual material untuk pembuatan craft mulai dari manik-manik, pita, renda, tali, dll. Untuk belanja alat-alatnya seperti lem tembak beserta isinya, gunting, tang bisa di lantai semibasement tempat penjualan alat tulis, di lantai ini juga terdapat deretan toko yang menjual bunga-bunga atrificial beserta aksesorisnya.
Kembali lagi ke lantai 3, saya mencari Toko Charisma Accessories yang di setiap saya googling untuk toko material craft pasti selalu muncul dan menjadi toko terlengkap di Pasar Pagi. Charisma Accessories terletak di blok BC no. 02-04 Telp. (021) 6013526, 6016234 Fax.(021) 6018265, dari pintu utama pasar pagi naik saja eskalator sampai lantai III, jalan ke arah kiri akan ketemu dengan signboard Charisma Accessories warna biru, terdiri dari 2 kios untuk manik-manik, 1 kios untuk renda, dan 1 kios ini yang kurang tau sepertinya untuk material yang harganya mahal karena didepannya ada logo swarovski (Charisma Acc merupakan autorized dealer nya). First impression yang saya dapatkan adalah sangat rapi dan kelihatan lengkap namun setelah keliling ternyata kurang, sepertinya fokus ke penjualan beads dari murah sampai mahal, pita grossgrain bermotif (tidak banyak juga), beberapa jenis tali dan renda, agak kecewa karena dalam bayangan sudah yang wah bisa dapat semua barang yang dibutuhkan dan yang membuat sedikit tidak nyaman adalah si mbak-mbaknya pasang muka jutek nyebelin (padahal baru buka), mungkin karena keliatan nggak beli banyak kali ya... Yang saya beli di Charisma Acc? Manik renteng 4 mm @4.500,- , Tali yang dihitung per yard @Rp 3.000,- , dan 1 buah mote toples @Rp.5000,-
charisma accessories
Apa mau dikata karena males dengan kejutekan mbak-mbaknya jadi pengaruh ke belanja, mau pulang barang yang dicari juga belum lengkap jadilah iseng muter-muter di lantai itu, mau mencoba masuk ke toko lain jadi khawatir karena masih sepi pembeli.hehhee...
Nggak sengaja berjalan ke sebuah sudut ketemu dengan toko yang nampak tua tapi didepannya dipajang berbagai manik-manik, namanya Lou Bang Button Blok BC no.17 Telp.(021) 2601728, tanpa plang nama dan tepat berada di sebelah kanan Charisma Acc yang menjual swarovski. Mbak yang jaga enak diajak ngobrol dan mau mencarikan barang walaupun sampe korek-korek etalase.
lou bang button
Secara keseluruhan manik-maniknya cukup lengkap walaupun terlihat seperti barang lama gara-gara banyak debu yang nempel, bahan lain untuk craft juga ada, saya mendapatkan peniti bros dan jepit rambut disini. Yang saya beli ? manik renteng 4mm @3.500,-, manik renteng 8mm @4.500,-, manik renteng 10mm @5.000,-, peniti bros 2,5cm per pak @20.000,-, jepit rambut per pak @Rp 12.500,-. Okay, untuk manik renteng dengan ukuran dan jenis yang sama lebih murah di Lou Bang .
Dari sekian bahan yang saya cari ternyata tak satupun pita yag saya dapat, dan yah... akhirnya muter lagi sampai ke UD.Bhinneka yang menjual berbagai macam pita dari warna, jenis dan ukuran. UD.Bhinneka terletak di  blok BB-01 Telp.(021) 6015858 tepat disamping eskalator sebelah kiri. Karena pita grossgrain dan organdi yang saya cari sedang kosong maka saya hanya membeli pita satin, berikut harga per rol: pita satin 5cm @Rp12.000,-, pita satin 2,5cm @5.000,-, pita satin 1cm @Rp 2.500,-


Selesailah belanja saya hari itu, dan masih kepikiran dengan benang sari/putik yang sudah ditanya muter-muter tak ada satupun yang jual, jadi buat yang baca blog ini bisa kasih info ya dimana bisa beli benang sari/putik itu .Terima kasih

Next, minggu selanjutnya saya pergi ke Pasar Asemka.......................(coming soon)

No comments:

Post a Comment