Saturday, June 18, 2016

DIY Membersihkan Bekas Lunturan di Pakaian Berwarna

Waaa,,,,,, !!!!!
Panik gara-gara baju yang masih baru kena lunturan warna baju lain saat dicuci, mau dibuang sayang banget apalagi belum pernah dipakai sama sekali malah kata mas suami buat alas tidurnya kucing aja, huhuhuhu ogah !!!
Setelah cari-cari a.k.a googling nemu cara simpel untuk membersihkan bekas lunturan itu disini, saya tulis ulang caranya ya dan dijamin berhasil karena saya sudah nyoba dan hasilnya oke banget bekas lunturan warna biru di baju pink saya hilang sama sekali. Untuk tulisan kali ini tanpa foto ya karena tadi memang hanya iseng dan karena hasilnya jitu makanya saya bagi deh disini.
  1. Baju yang kena lunturan biarkan kering secara normal.
  2. Siapkan panci yang cukup untuk merendam baju, isi air dan campurkan deterjen ke dalamnya. Jumlah deterjennya sesuai selera ya (dikira-kira aja).
  3. Panaskan campuran air dan deterjen sampai mendidih kemudian masukkan baju yang akan dibersihkan. Pastikan semua bagian baju terendam deterjen, bolak-balik baju sampai keluar warna lunturannya (punnya saya tadi biru agak ungu). Matikan api, diamkan sekitar 1-2 menit kemudian angkat.
  4. Siram baju dengan air dingin mengalir kemudian kucek-kucek (hati-hati panas ya), bilas dan jemur deh seperti biasa.

Hasilnya sudah kelihatan lho sewaktu masih dalam panci tapi harus diingat jangan kelamaan ya merendamnya agar warna baju yang asli tidak ikutan luntur. Senang liat jemuran hari ini, si pink jadi kinclong padahal kemarin ada gradasi biru dimana-mana.
Sekian share DIY kali ini, semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment