Sunday, May 31, 2015

Simple Heart with Inkscape


 Alhamdulillah, hari ini ada tambahan menu baru di blog ini. Awalnya nggak kepikiran tapi lama-lama jadi ingin berbagi sekaligus bikin arsip tentang inkscape berhubung tutorial inkscape dengan bahasa Indonesia bisa dibilang masih langka. Semoga tutorial yang dibuat bisa seterusnya bisa membantu walalupun saya akui masih jauh dari kata bagus tapi setidaknya berbagi itu lebih baik kan daripada disimpan sendiri :)

Tutorial pertama ini membuat bentuk hati/heart, bentuknya simpel namun sering dibuat untuk dekorasi desain yang bertema unyu'. Yuk mulai....
 
1. Buka dokumen baru inkscape, kemudian buat bentuk segitiga dengan menggunakan fungsi di toolbox 'create stars and polygons' atau (*).


2. Double click segitiga yang telah dibuat dan atur; spoke ration: 0,860 ; rounded: 0,320 ; randomized: 0,00.

3. Klik 'edit path by nodes' atau (F2) kemudian klik 'convert selected object to path' atau (SHIFT+CTRL+C). Kemudian delete node yang ditunjuk oleh panah, bisa menggunakan SHIFT+select+delete atau menghapusnya satu persatu.

4. Klik node paling atas kemudian tarik kebawah, tarik lengan node kedalam node agar bentuknya meruncing. Bentuk kepala hati dengan menarik lengan node yang lain. Rapikan bagian bawahnya agar simetris.(agar bagian yang lain  tidak bergerak klik dahulu node yang ingin diubah)
Dan simple heart sudah jadi, untuk selanjutnya modifikasi sesuai keinginan Anda
Demikian tutorial inkscape pertama saya, semoga next bisa tambah-tambah lagi ya, bagi-bagi ilmu sekalian sayanya juga bisa belajar. oke deh, semoga bisa bermanfaat ya... ^^

No comments:

Post a Comment