Saturday, August 1, 2015

Florist Logo Design with Inkscape


Selamat siang,, ^^
Hari ini main-main lagi dengan Inkscape. Kebetulan kemarin sempat bikin-bikin logo toko bunga, so kali ini tinggal bikin arsipnya biar nggak lupa.
Buka New Document Inkscape nya dulu ya...

1. Tulis nama yang ingin dipakai. Disini saya memakai nama "Flowery" dengan font "Kosova" warna "80DE75". Untuk membuka dialog Fill and Stroke yang berisi pengaturan warna pada objek, pilih menu "Object --> Fill and Stroke" atau dengan "SHIFT+CTRL+F".
Convert text yang telah dibuat menjadi path dengan "SHIFT+CTRL+C" kemudian "SHIFT+CTRL+G" untuk ungroup.
2. Buat garis dengan menggunakan tool "Draw Freehand Lines" atau F6. Garis ini nantinya akan menjadi batang/sulur tanaman. Beri warna stroke paint "38571E", dan Stroke Style sebagai berikut:
Double click pada garis yang dibuat untuk menambahkan node. Tarik lengan node-node tersebut sampai terbentuk sulur tanaman yang melilit pada kata.
Atur letak huruf dengan menggunakan page up atau page down pada "Tool Control Bar" agar sulur tampak melilit pada huruf atau menutup sulur tersebut dengan menggunakan "Draw Bezier Curves and Straight Lines" atau SHIFT+F6 yang digunakan untuk membuat bentuk object baru. Double click kemudian atur node mengikuti bentuk huruf. Sesuaikan warna object yang dibuat dengan warna tulisan dengan  menggunakan Toolbox-->Dropper.
Buat shape dengan menggunakan SHIFT+F6 untuk membuat pangkal sulur agar lebih besar. Sesuaikan besar dan lekukan pada pangkal sulur kemudian samakan warnanya dengan dropper.


3. Buat bentuk lingkaran dengan menggunakan "Create Circles, Ellipses, and Arcs" atau F5, beri warna 2C923D lanjutkan dengan SHIFT+CTRL+C untuk merubah object menjadi path. Kemudian atur lengan node dan hapus node sebelah kanan dan kiri hingga bentuknya menjadi seperti daun. Copy dan Paste bentuk daun yang telah dibuat kemudian perkecil dan atur lagi sehingga menjadi tulang daun. Select kedua object kemudian potong daun tersebut dengan "Path--> Difference" atau CTRL+ +. Susun daun pada sulur.

4.bunga
Buat bentuk bunga dengan menggunakan tool "Create Stars and Polygon" atau (*), pilih bentuk star, beri warna "FF476A". Atur corners, spoke ratio, dan rounded. Buat bebrapa bentuk bunga lainnya dengan corner, spoke ratio, dan rounded yang berbeda.
Bentuk kuncup bunga dengan menggunakan tool "Create Circles, Ellipses, and Arcs" atau (F5)

5. Atur daun-daun dang bunga yang sudah dibuat pada sulur, CTRL+C untuk copy dan CTRL+V untuk paste object. Tambahkan kata floris utuk semakin menegaskan bahwa log tersebut adalah milik sebuah toko bunga. Font yang dipakai bertipe 'purisa'.

No comments:

Post a Comment